Kue Sakura Kukus ( tanpa telur )

Standard

Kesepian ditinggalin supik Dea yang lagi nginep ditempat sepupunya,akhirnya sang Mak-pun iseng ngobrak-abrik dapur,xixixxiii…. :D . Lihat stok bahan-bahan kue msh lumayan lengkap, kecuali telor yang memang aku gak pernah nyetok. Awalnya kepengen nyoba resep Kue Bangket lagi, yang aku dapat dari Mba Rita via FB, tp berhubung sempet gagal jadi belum punya nyali lagi untuk ngetes ( cita-cita mau ikutan Bangket week-nya NCC ).
Akhirnya iseng-iseng tanya ke mbah google,dapet dech resep kue tanpa telor secara males banget keluar rumah cuma beli telor,heheheee…. So untungnya lagi ini kue sakura praktis bgt, tanpa mixer, dan hasilnya gak kalah enak dari yang pake telur ;) Coba dech,lumayan lho bisa buat nemenin minum teh di sore hari

sakura

KUE SAKURA KUKUS
Source : Dapur Ipoek

Bahan :
150 gr gula pasir
250 ml air panas
170 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt vanilli
25 gr SKM ( klu aku pake SKM rasa coklat )
25 gr mentega/margarin dicairkan ( aku ganti pake minyak goreng 3 sdm )
1/2 sdt bubuk kayu manis ( bisa bumbu spekoek, ini optional aja klu ada )

sakura1

Cara Membuat :

* Buat karamel, panaskan gula pasir dengan api kecil. Aduk sesekali. Setelah meleleh dan kecoklatan, masukkan air panas. Masak sampai karamel larut. Angkat, dinginkan. Lalu campur dengan susu kental manis, vanilli, dan margarin cair.
* Ayak terigu, baking powder, soda kue, dan kayu manis bubuk. Lalu masukkan larutan karamel kedalamnya. Aduk sampai rata.
* Masukkan adonan dalam cetakan yang sudah dioelsi minyak/margarin. Kukus dalam panci kukusan yang sudah panas dan beruap selama 25 menit sampai matang.
* Cukup untuk membuat 10 – 12 cup kue sakura

12 responses »

  1. muntaaabzzzzz…. gw banet nih… secara aku alergi telorrr
    siiippppp….. duh srasa ngigit kuanya dehh… di inbox yeaaa…
    btw : kebayang ada sesosok keliaran di dapur ndirian, make busana serba putih lagi….
    xixixxixix….

  2. makasi yah about info kue kukus na… luna anak aq tiap hari mw na ngemil mulu,,, apa lagi kue luna suka bgt,,, aq kpikiran mw bikin kue kukus yang paling gampang tp gag pakai telur… Ternyata ada resep na nieee ywd aq jd semangat bikin kue buat luna… Heheehe pasti enak deh kue sakura na… Thx yah…

  3. Halo mbak, salam kenal… Baru aja saya nyoba resep ini.. pakai cetakan putu ayu juga seperti yng punya mbak. Tapi hasil kuenya tidak padat seperti yg digambar mbak, agak ringan dan berlubang2. Apa yah masalahnya? saya mengikuti semua takaran dan bahan kecuali skm, saya pakai yg putih. Pertanyaan saya, apakah adonan kuenya kental atau encer? Adonan kue saya kental sekali ketika hendak dituang ke cetakan. Mungkin ada masukan dari mbak mengenai ini. Makasih…

  4. Assalamu’alaikum..
    Syukran untuk resep nya..^_^, aku coba dulu yaah,, moga bisa sukses rasa n bentuk nya seperti buatan mbak.., Salam ukhwah n ditunggu resep resep jitu berikutnya.., afwan.

    • Wa’alaikum Salam wr wb, Salam kenal Syarifah Nazla

      Silahkan mencoba,lumayan lho utk cemilan sore menemani minum teh/kopi

  5. Hi Mak Dea, aku tertarik skl dg resep kue diatas, pingin coba bikin. tp sayang aku gak ada SKM (itu jenis bahan apa ya, sorry kuper bangeth gak pernah bikin kue). kalau gak ada bisa nggak ya bikin tanpa SKM, atau mungkin bisa diganti dg bahan lain. aku tinggal overseas so gak sure bisa cari nggak SKM-nya. Makasih Mak, hope to hear fr u soon.

    • Mba Dian…. SKM maksdnya Susu Kental Manis itu lho mba…. Xixixixiii……. Pasti ada kan di tmpt tinggal Mba Dian. Selamat mencoba ya ;). #maaf baru balas lg ribet sm pindahan nih#

Leave a Reply

