Resep Mangut Ikan Kembung Asap

Standard

Mangut Ikan Kembung

Asik ngalor ngidul chatting dibbm sama seorang sahabat, tau-tau topik berubah ke soal makanan. Gak disangka-sangka ternyata beliau punya hobby memasak lho…( masih terkagum-kagum,soale mengingat body-nya yang ‘kuyus’ tapi suka masak yang enak-enak. Kok bisa ya tahan godaan ngadepin makanan-makanan enak tapi gak ‘ganduik’ kaya aku,xixixiii…. Umumnya kan orang yang suka ngadepin makanan enak-enak pasti montok bin gembul gitu ya ).

Obrolan soal makanan ini pun ahirnya seputar tentang  gimana enaknya ngolah ikan dibumbu apa saja. Karena aku juga bilang ‘para umat’ dirumahku ini suka sekali sama lauk ikan, jadi ‘kudu’ putar otak ngolah ikan menjadi masakan yang gak membosankan. Dan akhirnya beliau bilang paling suka ikan di masak Mangut, lebih mantap katanya.

So gak pake basa-basi lagi nodong deh resep Mangut Ikan andalan beliau ini. sebagai tester setia, supik Dea-pun nambah sampai 3 trip.xixixiii….

Nah Ini lho  Resep Mangut Ikan-nya.

# Mangut Ikan Kembung Asap #

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :


4 ekor ikan kembung asap ( bs dipotong menjadi 2 bagian)
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
6 buah cabai rawit
4 lembar daun jeruk buang tulang daunnya ( tumbuk kasar)
2 sendok teh gula merah/gula kelapa/gula aren
1 buah besar tomat potong-potong

1 keping asam kandis

2 lembar daun salam
3 sendok makan minyak untuk menumis
Garam secukupnya sesuai selera

Bumbu Halus:

6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah cabai merah keriting
2 cm lengkuas

2 cm jahe

3 cm kunyit

3 butir kemiri
1/2 sendok teh terasi bakar
1/2 sendok teh ketumbar


Cara Pengolahan :

  1. Cuci bersih ikan kembung
  2. Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukan daun salam dan daun jeruk.
  3. Tambahkan santan, garam, dan gula merah. Aduk rata. Lalu masukkan cabai rawit , asam kandis dan tomat aduk sampai layu. Masak sampai matang dan kental.
  4. Setelah itu masukan ikan, masak sampai bumbu meresap kuah mengental. masakan jangan terlalu diaduk-aduk agar tidak hancur. Angkat siap disajikan.

 Mangut Ikan

Cilok Gurih

Standard

cilok Gurih

Inget banget zamannya masih SD dulu suka banget sama jajanan yang selalu dituju tiap pulang sekolah sebutannya si ‘Cilok‘ ini. Bentuknya yang bulat seperti bakso ini terbuat dari adonan tepung sagu/kanji terasa gurih dengan tekstur kenyal, plus cocolan saus kacang jadi ciri khasnya. Ternyata  Cilok alias aci dicolok adalah jajanan tradisional yang tak lekang waktu. Dulu penjualnya suka ngetem di pinggir jalan depan madrasah deket rumah orang tua. Peminatnyapun juga banyak,kalau mau beli juga suka antri bareng sama murid madrasah disitu. Zaman itu beli 100 perak bisa dapat 10 butir cilok.

Seiring berjalannya waktu, tahun 2012 aku pindah ke Malang, Eh…ternyata ketemu buanyaaakkk banget sama penjual cilok di Kota Malang ini, dengan macam-macam variannya, ada yang cilok original, ‘cilok tahu’ dan ‘cilok goreng’. Tinggal pilih mau yang di rebus/kukus atau di bakar. Rasanya flashback ke Zaman SD dulu lagi kalau lihat pedagang-pedagang cilok bertebaran di Kota Malang ini, peminatnya tetap banyak lho.

Berhubung anakku Dea suka juga sama cilok ini, akhirnya iseng deh coba-coba buat. Yaahh,lumayan buat dibawa jd bekel sekolahnya. Nih Resepnya :

CILOK GURIH  a la  Mak DEA

Adonan Cilok :

  • 250   gr  Daging Ayam giling
  • 250   gr  Daging Udang giling
  • 250   gr  Tepung Tapioka/sagu/kanji
  • Air secukupnya untuk adonan
  • Kulit Pangsit
  • Minyak untuk menggoreng cilok pangsit goreng

# Air untuk merebus cilok

Bumbu untuk adonan Cilok:

  • 5        siung   Bawang Putih  ( haluskan )
  • ½       sdt      lada halus
  • Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat  :

  1. Daging ayam giling, udang giling dan Tepung tapioka, bawang putih yang sudah dihaluskan,garam, gula, merica dicampur dengan air sampai basahnya merata (jangan sampai terlalu cair).
  2. Masak air hingga mendidih
  3. Setelah adonan seperti adonan baks0 (agak lebih kental dari adonan bakso), Bagi menjadi dua bagian. Satu bagian bentuk bulat memakai ujung dari 2 sendok. Satu bagian lainnya buat bentuk dengan kulit pangsit
  4. Masukan adonan yang sudah dibentuk bulat ke dalam air mendidih
  5. Jika telah mengapung dan berwarna mengkilat, angkat lalu tiriskan.
  6. Untuk adonan dengan kulit pangsit digoreng

Bahan untuk bumbu kacang :

  • 200 gram kacang tanah yg sdh digoreng.
  • Gula merah secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • 3 siung bawang putih.
  • 3 buah cabe merah keriting (sesuai selera)
  • Air secukupnya

Cara Membuat Bumbu kacang :

  1. Semua bahan di giling halus
  2. Masukan semua bahan bumbu kacang lalu didihkan sampai mengental

Hardtop Anniversary Cake

Standard

hardtop cake

Dapat bbm dari si cantik Devy mau order cake untuk anniversary perkawinannya yang ke 8 tahun. Minta dibuat tema  mobil hardtop, berhubung sang suami yang ‘tergila-gila’ dengan mobil hardtop. Cakenya aku buat cake coklat dengan dilapis coklat ganache tiap layer cake, lalu dicover dengan buttercream. Untuk body Hardtop cake yang aku carving, ditambah bolu gulung untuk rodanya. Agak sedikit bermasalah pada saat mengcover body hardtop dengan menggunakan fondant, karena kebetulan cuaca diluar rumah hari itu lumayan terik, jadi efeknya fondant mengkilat. Selesai mendekor, cake langsung di karantina sebentar didalam ruangan ber-AC (yang kebetulan kamar tidurku. Soalnya untuk area umum dirumahku gak pake AC,so ngungsinya ya ke kamar deh,Xixixiii…. ). Alhamdulillah setelah kurang lebih 1 jam di karantina dalam ruang ber-AC, cakepun siap delivery.

Met Milad perkawinan yang ke 8 tahun untuk Devy n Suami, selalu bahagia & SAMARA juga langgeng ya, Aamiin YRA

Sapiholic Cake

Standard

Orderan kali ini bener-bener lain dari yang lain, sedikit Unik dan special. Ya mulai dari si Pemesan, peruntukan Cakenya plus proses deliverynya. Berawal dari BBM Nelma yang pesan Cake Bass Guitar sebelumnya, kasih info kalau temennya mau add PIN BB aku untuk pesan Birthday Cake. Setelah invite BBM, barulah tahu sang calon pemesan cakenya adalah seorang cowok,namanya Ardy. Awalnya sih obrolan dibbm tentang cake yang mau dipesan,mulai dari tema sampai ke harga. Setelah beberapa hari kita bbm-an sepertinya kita sudah saling kenal lama,tutur bahasanyapun sopan. Akhirnya kita deal dengan tema serba ‘Sapi’ untuk tanggal 2 November 2011, deliverynya jam 12 siang. Karena sang Pacar suka banget sama bentuk-bentuk serba sapi. Siipp dech!😉

sapiholic Cake

Si Ardy ini bisa aku ambil kesimpulan bener-bener sayang banget sama Pacarnya ini. Karena apa? Ya karena hampir tiap hari selama seminggu sebelum hari H dia kirim picture contoh-contoh cake tema sapi via bbm. Dia juga selalu wanti-wanti ke aku untuk bikin cakenya yang bagus. Kalau aku sih gak bisa janji ‘surga’, dan selalu aku bilang ke Ardy Insya Allah ‘I do my best’. Aku mulai buat cakenya pas sore hari sebelum hari H, untuk cake dasar aku buat Brownies Coklat Kukus resepnya NCC dengan lapisan coklat ganache dan malamnya lanjut bikin figurin sapi-sapi kecil juga cewek berjilbab.

sapiholic2

Naah,cerita uniknya baru dimulai. Di saat aku sedang persiapan buat cake sapi itu, bbm dari Ardy ke aku nonstop. Isinya cuma minta kirimin foto bentuk jadi cakenya seperti apa? Yaa,macam-macamlah isi bbm-nya. Intinya penasaran sama hasil jadinya. Nah lhoo…. *garuk-garuk kepala* sambil mikir, apa yang mau difoto?? Cakenya belum jadi Dy. Kata-kata itu yang aku jawab bbm dari Ardy. Aku jelaskan bahwa cakenya baru mulai digarap pagi-nya. Setelah aku jawab gitu, eh…. Gak lama masuk lagi bbm-nya sekitar jam 9 malam. Bunyinya, “Tante, kue-nya sudah dibuat belum? kalau sudah,kirimin fotonya boleh gak? seberapa jadinya dech. Soalnya Ardy mau sesuaikan sama Kadonya”. *tepok jidat ke dua kali* Omaygot 3x…. *tarik nafas*. Aku balas lagi bbm Ardy,”Dy,belum jadi niih….mohon sabar ya”. toweeeng…..toweeeeengg……. #BB-ku sempet anteng lumayan lama smpi subuh#

“PING!!!…..” BB-ku bunyi lagi dan tebak siapakah yang nge-PING aku itu?? Yup,bener itu dari Ardy. Waktu nunjukin jam 5 Subuh tepat. Mata rasanya masih berat untuk dibuka,karena baru tidur jam 2 dinihari setelah selesai nyiapin hiasan cake untuk besok. Isi bbm-nya, tetep ‘keukeuh sukeukeuh’ nanya sudah jadi atau belum cakenya…. *ganti gaya jadi garuk-garuk kepala* ( Baru kali ini lho aku dapat customer yang unik begini ). Buat aku takjub, jelas iya. Takjub selain customer cowok pertama juga terlihat sangat khawatir sekali kalau cakenya tidak sesuai harapan. Giliran aku yang H2C dan merubah konsep awal. Rencana semula cakenya hanya dihias figurin sapi-sapi kecil + cewek jilbab jelmaan pacarnya itu. Setelah pikir-pikir akhirnya aku tambahin ada cake bentuk sapi yang besar diatas cake. figurin yang kecil-kecil aku taruh dibagian bawahnya.

sapi copy

Pagi itu aku tetep jalani rutinitas sebagai Ibu rt, mulai bangunin dan nyuruh Dea mandi sambil ‘siaran warta berita pagi’ (biasanya saat Dea mandi pagi hobby melamun atau tidur lagi di kamar mandi……#hadeewwhh# Sementara Ayahnya nutup telinga pake bantal sambil tetep merem ), setelah Dea selesai mandi dan pake baju seragam, akupun menyiapkan buat sarapan juga bekel makanan untuk dibawa Dea ke sekolah. Setelah antar Dea dan Ayahnya, aku sampai dirumah lagi Jam 7.30, langsung hias cake pesenan Ardy. Itupun selama diperjalanan bbm dari Ardy bunyi terus, ceritanya sih ‘curcol’ (curhat colongan) terlebih dia makin worry karena sang pacar dapat bingkisan dari mantan pacarnya. Secara Ardy belum sama sekali kasih bingkisan. Hari itupun ternyata Ardy full sama kerjaannya.

Jam 12.30 siang cake siap delivery ke kantor sang Pacar. Lagi-lagi bbm itu tetep memantau posisi terakhir cake pesenannya. Ardypun titip pesen seandainya ditanya sama pacarnya, aku disuruh ngaku sebagai Tantenya,alamaaaaakkk!!! Xixixiiiii…..😀 .Ampuuunn dech anak muda zaman sekarang,lucu-lucu tingkahnya. Sesampainya di kantor Pacarnya Ardy, ternyata sedang tidak di tempat. Jadi cakenya aku titip di resepsionis. Lega cake sudah diantar, tugas bakul kue selesai. Dan malam harinya jam 18.30 WIB, dapat bbm dari Ardy lagi, kasih kabar kalau dia sedang merayakan ultah sang Pacar bersama keluarganya. Alhamdulillah Pacarnyapun suka dengan cake-nya. Thanks Ardy, You are the most unique customer😉

Cheese stick Renyah

Standard

Nyantai di sore hari ngemil Cheese Stick sambil nyeruput teh hangat…😉

cheese stick

Resep Cheese Stick
Source: Kitchen Cake

220 gr tepung protein sedang
30 gr tepung tapioka
1 sdt merica bubuk
1 sdt garam
200 gr cheddar cheese,parut (klu aku di jemur dulu sampai kering )
75 gr canola oil ( aku pake minyak sayur )
2 btr telur

Direction :

-Dalam wadah, campur tepung terigu, tepung tapioka, merica, garam dan keju yang sudah di parut.
-Dalam wadah lain, campur canola oil dengan telur yang sudah di kocok lepas.
-Campur rata antara bahan kering dengan bahan basah. Uleni hingga kalis.
-Adonan siap di tipiskan, dan iris memanjang. Atau kalau punya gilingan mie, pakailah. Berhubung aku tidak punya, jadi pake gilingan utk fondant😉
-Panaskan minyak kemudian goreng si stick itu hingga kuning kecoklatan, bukan gosong. Tiriskan dan kemudian siap di hidangkan.

Gulai Udang Nanas ( Warisan Ibu Mertua)

Standard

Gulai Udang Nanas ini jadi menu wajib tiap weekend di rumahku, karena memang ini menu favorit Ayah. Kalau di tanya bosen, kaya’nya sih gak ngefek tuh sm si Ayah, mungkin karena ada nanasnya jadi membuat rasa dan aroma dari Gulai Udang Nanas ini segar dan gurih. Soalnya ritual tiap Sabtu sehabis nganter Dea ke sekolah kita selalu mampir ke ‘Pasar hongkong’ untuk hunting Udang Sungai. ( entah knp disebut Pasar Hongkong.Tp bs jd sebutan itu karena didominasi oleh orang2 dari etnis Cina. Walaupun sedikit lebih mahal harganya,namun kalau dari segi kualitasnya memang pilihan sayuran,buah2an atau ikan/daging/udang bener-bener fresh)

gulai udang nanas

Gulai Udang Nanas

Bahan-bahan :

1 Kg Udang Sungai
1 Buah Nanas ( potong2 tebal seperti potongan rujak )
500 ml Santan encer
250 ml santan kental
3 sdm minyak sayur
Garam
Gula

Bumbu yang dihaluskan :

8 Siung Bawang Merah
4 Siung Bawang Putih
1 Ruas jari Kunyit
1 Ruas jari Jahe
1 batang Sereh
1/2 sdt ketumbar
3 Buah Cabe Merah
2 Buah Cabe rawit ( tergantungg selera)
4 butir Kemiri

Cara Memasak :

– Tumis bumbu halus hingga harum
– Masukan santan encer biarkan hingga mendidih
– Masukan nanas, sampai setengah masak nanasnya (jangan sampai terlalu layu)
– Masukan santan kental dan udang hingga masak,sambil aduk terus agar santan tidak pecah